Rangkuman Kemajuan Software Atau Perangkat Lunak (Microsoft Word)


Logo Gambar
Unsplash/Software
Jika mungkin kita membicarakan mengenai kemajuan software atau perangkat lunak saat ini, mungkin akan sangat banyak sekali yang akan kita bahas. Terlebih lagi jika kita membahas mulai dari awal diciptakannya software hingga saat ini. Sebelumnya, mungkin kita perlu mendalami apa itu software atau perangkat lunak terlebih dahulu.

Software atau perangkat lunak merupakan sekumpulan data yang disimpan dalam bentuk program yang dapat digunakan sesuai dengan fungsinya. Atau dalam pengertian lain perangkat lunak komputer atau yang lebih kerennya disebut sebagai software, pada dasarnya adalah program dan prosedur yang dimaksudkan untuk melakukan tugas tertentu pada suatu sistem.

Banyak sekali software yang dapat digunakan saat ini, mulai dari yang berukuran kecil hingga besar, software sederhana hingga komplek dan lain-lain. Dalam penggunaan PC atau Laptop sendiri tidak lepas dengan yang namanya software. Karena jika tanpa software maka komputer tidak dapat berfungsi sebagai mana fungsinya. Oleh karena itu adanya software dan kemajuannya sangat penting bagi penggunaan komputer agar semakin mudah dan dapat menyelesaikan banyak masalah. Bagi user atau orang yang mendalami ilmu IT adakalanya juga perlu untuk memantau perkembangan software dan juga membahas lebih dalam tentang software. Salah satu software yang bisa kita bahas kali ini adalah Microsoft Word.

Logo Gambar 2

Menurut Wikipedia, Microsoft Word atau Microsoft Office Word atau Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word. Di Office 2013, Namanya cukup dinamakan Word.

Microsoft Word sendiri sudah mengeluarkan banyak versi, mulai dari versi Word 1.0 hingga saat ini Word 2019. Jika dilihat dari perkembangannya sendiri, Microsoft Word berkembang dengan sangat pesat baik dari segi fungsi yang bertambah maupun fitur yang semakin membantu. 

Word 1.0

Jika dilihat dari tampilannya sendiri, pada versi 1.0, Word Nampak sangat sederhana sekali dan dilengkapi dengan fitur yang minim. Jika kita melihat pada word 2003, fitur serta tampilan sudah sangat berbeda dan terlihat lebih kompleks. 

Word 2003

Pada versi Word 2019, tampilan dan fitur pada Word semakin kompleks dan elegan. 

Word 2019

Nampak kita lihat perkembangan pada salah satu software terkemuka ini berkembang dengan sangat pesat. Bahkan baru-baru ini Microsoft berencana akan memasukkan fitur baru pada Microsoft Word dengan teknologi Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan. Kecerdasan Buatan sendiri merupakan suatu teknologi yang memungkinkan mesin untuk mempelajari serta menyesuaikan input-input baru dan dapat mengerjakan serta menyelesaikan tugas layaknya manusia. Tujuan penggunaan AI pada Word tentunya guna membuat software semakin canggih, dapat mengerjakan tugas-tugas baru serta semakin mudah digunakan. Selain itu, penggunaan teknologi typing voice pada Microsoft Word juga akan lebih membantu karena dapat digunakan bagi user yang mengalami permasalahan dalam pengetikkan. Tentu ini merupakan suatu trobosan dalam pengembangan perangkat lunak yang sangat maju dan banyak memberikan manfaat. Harapanya, Microsoft maupun pihak pengembang perangkat lunak lainnya tidak henti dalam melakukan pembaruan dan pengembangan perangkat lunak mereka sehingga banyak software dapat digunakan dengan semakin mudah, dapat operasikan banyak kalangan serta menghasilkan fungsi yang lebih baik.


Referensi :  
http://www.podfeeder.com/teknologi/apa-itu-perangkat-lunak-aplikasi-berikut-penjelasan-pembagian-jenis-beserta-contohnya/ 


Referensi Gambar : 
http://mega-nekko.blogspot.com/2014/11/perkembangan-microsoft-word-dari-versi.html 
https://www.logaster.com/blog/how-to-create-awesome-logo-easily-with-microsoft-word/

Komentar

Postingan Populer

Kebutuhan Fungsional Dan Non Fungsional

Penjelasan Model-Model Proses Pengembangan Perangkat Lunak

Metode Prototype, Contoh Penggunaan dan Cara Menggunakannya

Metode Extreme Programming, Contoh Penggunaan dan Cara Menggunakannya

Pengujian Perangkat Lunak

Metode RAD, Contoh Penggunaan dan Cara Menggunakannya

Desain Perangkat Lunak

Metode Waterfall, Contoh Penggunaan dan Cara Mengunakannya

Jenis-jenis Perangkat Lunak Atau Software

Elisitasi Kebutuhan