Elisitasi Kebutuhan

Logo Gambar
Unsplash/Software
Elisitasi kebutuhan adalah sekumpulan aktivitas yang ditujukan untuk menemukan kebutuhan suatu sistem melalui komunikasi dengan pelanggan, pengguna sistem dan pihak lain yang memiliki kepentingan dalam pengembangan sistem (Sommerville and Sawyer 1997).
Sejalan dengan proses rekayasa kebutuhan secara keseluruhan, elisitasi kebutuhan bertujuan untuk (Leffingwel, 2000) :

1. Mengetahui masalah apa saja yang perlu dipecahkan dan mengenali batasan-batasan sistem.
2. Mengenali siapa saja para pemangku kepentingan.
3. Mengenali tujuan dari sistem yaitu sasaran-sasaran yang harus ada pada sistem.

Tahap elisitasi termasuk tahap yang sulit dalam spesifikasi perangkat lunak. Secara umum kesulitan ini disebabkan tiga masalah, yakni masalah cangkupan, masalah pemahaman dan masalah perubahan (Nuiseibeh and Eastbrook, 2000). 

Terdapat langkah-langkah dalam melakukan elisitasi kebutuhan, yaitu mengidentifikasi orang yang akan membantu menemukan kebutuhan dan memahami organisasi mereka, menentukan lingkungan teknis ke mana sistem atau produk akan ditempatkan, mengidentifikasi ranah permasalahan yaitu karakteristik lingkungan bisnis yang spesifik ke ranah aplikasi, menentukan satu atau lebih metode elisitasi kebutuhan (wawancara, kelompok fokus, pertemuan tim dll), meminta partisipasi dari banyak orang, mengidentifikasi kebutuhan yang ambigu dan menyelesaikannya dan membuat skenario penggunaan untuk memnantuk stakeholder mengidentifikasi kebutuhan utama.

Dalam penggunaannya, terdapat beberapa teknik elisitasi, yaitu Tradisional (Wawancara, Kuisioner, Observasi), Elisitasi Kelompok (Brainstorming, Joint Application Design (JAD), Prototyping) dan Model Driven (Goal based method, Scenario based method)

Penerapan teknik elisitasi dalam perancangan sistem perangat lunak
Judul : Pembuatan sistem informasi penjualan berbasis desktop pada Toko Mainan Anak Dana Sentosa.
Deskripsi       : Sistem informasi atau software yang digunakan untuk melakukan kegiatan transaksi atau pembelian mainan pada Toko Mainan Anak Dana Sentosa.
Teknik Elisitasi : Wawancara

Hasil dan Pembahasan :
Narasumber : Pemilik Toko
Daftar Pertanyaan

1. Apa motivasi awal untuk berdagang?
=  Ingin mandiri dan belajar membangun usaha dan hasilnya untuk mencukupi kebutuhan saya sendiri.
2. Apa dan berapa produk yang dijual ? Dalam kasus ini adalah jenis-jenis mainan.
=  Produk mainan yang saya jual yaitu mainan jenis robot, mobil dan boneka. Disetiap mainan terdapat beberapa tipe dan jumlahnya cukup banyak.
3. Bagaimana prosedur pembelian barangnya ?
=  Untuk prosedur pembeliannya sendiri tidak jauh berbeda dengan toko lain, yaitu pembeli atau konsumen cukup memilih mainan yang ingin dibeli, kemudian konsumen tinggal membawanya ke kasir dan membayar sesuai harga mainannya.
4. Berapakah rata-rata perolehan selama sebulan ?
=  Biasanya kisaran 10 jutaan perbulan.
5. Apakah ada dan apa saja kendala selama berdagang ?
=  Tentu ada, saya rasa kendala yang sering terjadi adalah kurang cepatnya dalam proses pembelian atau transaksi. Banyak pembeli di toko saya yang antri cukup lama sehingga kesannya kurang baik. Pegawai saya juga merasa memerlukan sistem informasi berbasis komputer yang lebih baik karena untuk saat ini proses pencatatan kami masih menggunakan salah satu software pengolahan kata dan angka sehingga masih sering terjadi kesalahan dan cukup kesulitan dalam pendataan jika data banyak. Pembeli saya juga ada yang menginginkan metode pembelian lain yang lebih efektif dan efisien.
6. Bagaimana cara mengatasi kendala dalam berdagang ?
=  Dari kendala yang sering kami alami, untuk mengatasinya sendiri kadang ada dari beberapa pegawai saya yang merangkap lebih dari 2 tugas dan saya sendiri pun kadang ikut membantu.
7. Efektifkah cara yang digunakan dalam mengatasi kendala ?
=  Kurang efektif, karena melelahkan dan juga saya harus menggaji pegawai saya lebih banyak dari biasanya. 
8. Aplikasi apakah yang digunakan oleh toko ini sekarang untuk menunjang proses bisnis?
=  Microsoft Excel dan Microsoft Word
9. Apakah aplikasi yang digunakan sudah mendukung database ?
=  Saya rasa belum.
10. Apakah aplikasi yang digunakan saat ini sudah sangat ,membantu dalam berbisnis ?
=  Saya pikir hanya sebatas cukup karena pegawai saya tidak perlu menulis.
11. Aplikasi apakah yang dibutuhkan untuk menunjang proses bisnis ?
=  Saya butuh aplikasi atau sistem informasi penjualan untuk toko saya.
12. Apakah sistem atau aplikasi tersebut berbasis web atau desktop ?
=  Desktop saja
13. Fitur apa saja yang dibutuhkan dalam sistem aplikasi itu ?
=  Fitur yang saya inginkan aplikasi dapat menampilkan produk atau mainan yang saya jual,  menampilkan informasi secara lengkap, konsumen dapat menyimpan atau memesan mainan, konsumen dapat mencari barang dengan menu pencarian, terdapat informasi data diri atau akun dan banyak lagi tentunya.
14. Informasi apa saja yang diperlukan di dalam aplikasi itu ?
=  Yang utama adalah mengenai penjualan, pembelian, persediaan barang kami
15. Data apa saja yang berhubungan dengan aplikasi yang ini ?
=  Data konsumen, data pegawai, data barang, data penjualan dan data pembelian.
16. Siapa saja yang akan menggunakan aplikasi ini ?
=  Saya (pemilik toko), pegawai dan konsumen (pembeli)
17. Apakah ada tambahan tertentu yang diinginkan pada aplikasi yang ini ?
=  Saya ingin aplikasi ini dapat membantu dalam proses pembelian atau penjualan produk serta mengelola data-data yang masuk termasuk data penjualan.
18. Jika memang membutuhkan aplikasi, apakah keuntungan yang akan didapat ?
=  Tentunya membuat pekerjaan lebih mudah, cepat dan membuat keuntungan lebih tinggi. 
19. Apa saja yang diharapkan dari aplikasi ini ?
=  Saya harap aplikasi dapat digunakan dengan baik dengan segala fungsi dan fitur-fiturnya, dapat membuat pekerjaan semakin lebih mudah dan cepat.




Referensi :
https://aristysaputri3.wordpress.com/analisis-perangkat-lunak-2/elisitasi-kebutuhan/
http://arichotifuwks.blogspot.com/2013/10/bab-5-elitisasi-kebutuhan.html
http://sadis123.blogspot.com/2014/01/bab-5-elisitasi-kebutuhan-elisitasi.html

Komentar

Postingan Populer

Kebutuhan Fungsional Dan Non Fungsional

Penjelasan Model-Model Proses Pengembangan Perangkat Lunak

Metode Prototype, Contoh Penggunaan dan Cara Menggunakannya

Metode Extreme Programming, Contoh Penggunaan dan Cara Menggunakannya

Pengujian Perangkat Lunak

Metode RAD, Contoh Penggunaan dan Cara Menggunakannya

Desain Perangkat Lunak

Metode Waterfall, Contoh Penggunaan dan Cara Mengunakannya

Jenis-jenis Perangkat Lunak Atau Software